Pembuat ponsel Cina bergabung untuk membuat pesaing untuk Google Play

Pembuat ponsel Cina bergabung untuk membuat pesaing untuk Google Play

Posted on

Sebuah konsorsium produsen smartphone Cina berharap untuk menantang dominasi Google dalam menjual aplikasi Android melalui platform aplikasi umum.

Menurut sebuah laporan, Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi bekerja bersama untuk menciptakan Aliansi Layanan Pengembang Global (GDSA), yang akan memungkinkan pengembang untuk mengunggah produk mereka ke pasar masing-masing penjual.

Keempat perusahaan mewakili seperlima dari pasar ponsel pintar global, dan mengendalikan sebagian besar rumah mereka dan sebagian besar pasar negara berkembang.

Google Play China

Google Play China

Mereka berharap dapat memanfaatkan dampak ini dan memberi bantuan dan paparan kepada pembuat aplikasi untuk menargetkan negara-negara ini. Mereka juga mungkin mengenakan komisi lebih sedikit dari Google untuk menarik minat.

Proyek ini juga akan memberi produsen koin ketika berurusan dengan Google, yang melarang layanannya di China, dan akan memungkinkan Huawei mengurangi ketergantungannya pada teknologi Amerika.

Pemerintah Amerika Serikat Huawei dilarang memasang layanan Google, termasuk Android dan Google Play Store, di perangkatnya. Perusahaan ini menjalankan sistem operasi selulernya sendiri yang dikenal sebagai HarmonyOS, dan baru-baru ini meluncurkan pasarnya sendiri yang disebut Huawei Mobile Services.

Tanggal rilis Maret awalnya target, tetapi tidak jelas apakah itu masih realistis. Tiga dari perusahaan mengkonfirmasi keberadaan perusahaan ke Reuters, tetapi Xiaomi mengatakan Huawei tidak terlibat. Oppo dan Vivo dos tidak menyebutkan penyebutan Huawei, yang menolak mengomentari agensi tersebut.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *